Friday, May 22, 2015

MAKANAN UNTUK DIET SEIMBANG



Makanan untuk diet yang sehat bergizi dapat membantu Anda menurunkan berat badan hingga bentuk tubuh menjadi ideal. Jenis makanan untuk diet yang cukup kalori sangat dibutuhkan agar bisa dibakar ketika latihan atau olahraga, rutin menjalankan pola diet seimbang ini akan efektif mengurangi jumlah lemak yang banyak menumpuk pada beberapa bagian tubuh Anda, seperti perut, paha, lengan atas, dan betis.

Diet bisa dikatakan sebagai kebutuhan sebagian orang yang bermasalah dengan kegemukan. Tidak ada keinginan lain jika penampilan kurang memuaskan akibat perut yang menonjol. Hal yang selalu dipikirkan adalah bagaimana cara menurunkan berat badan berlebih yang saya miliki, mungkin Anda termasuk salah satunya.

Makanan Untuk Diet


(c) Blog.OwnerOperatorDirect.com
Banyak metode yang bisa diambil, salah satunya adalah mengonsumsi sejumlah makanan untuk diet yang memberikan nutrisi cukup, tinggi protein, kalori, namun rendah dari lemak jahat yang memicu obesitas juga kolesterol. Apabila Anda ingin tahu apa saja menu makanan sehat untuk diet seimbang berikut ini daftarnya, silahkan Anda catat untuk referensi.

1. Buah Tomat

Pada sebelumnya, kami sempat menulis artikel mengenai manfaat buah tomat yang dapat menurunkan berat badan seseorang. Ulasan mengenai tomat sudah banyak di luar, mulai dari asal usul hingga khasiatnya yang terkenal, meski di satu sisi ada kontroversi dari sebagian orang yang mengatakan bahwa tomat adalah sayur, padahal strukturnya adalah buah.

Terlepas dari itu, tomat termasuk ke dalam makanan yang membantu Anda mempertahankan berat badan seimbang di mana pada akhirnya tubuh Anda akan ideal dan menarik untuk dipandang kedua mata. Buah tomat mengandung sedikit kalori, namun banyak menyediakan serat.

Terdapat juga senyawa kimia alami bernama likopen yang mana bersifat atau bertindak sebagai penangkal segudang penyakit dan kondisi kesehatan yang bermasalah. Jadi, mulai sekarang Anda bisa memberi ruang cukup di dalam lemari es untuk menyimpan buah tomat.

2. Buah Jeruk

Pada satu artikel nanti, akan dibahas khusus mengenai buah untuk diet yang mungkin berguna bagi Anda pecinta buah-buahan.

Buah jeruk terkenal dengan vitamin C nya yang mana berguna untuk membuat kulit tetap sehat dari dalam. Tetapi siapa yang menyangka bahwa vitamin tersebut juga mempunyai andil yang cukup penting bagi seseorang yang ingin langsing, mereka dapat membakar lemak dalam tubuh.

Jeruk juga banyak mengandung gula yang bila terlalu berlebihan dikonsumsi dapat memicu alarm diabetes dan bilamana tidak diproses dengan pembakaran akan berubah menjadi lemak. Meskipun begitu Anda tidak perlu khawatir, karena buah ini rendah kalori dan serat yang membantu tubuh dalam mengatur kadar glukosa dalam darah.

Anda bisa konsumsi jeruk sebagai buah pencuci mulut sehabis makan siang atau sarapan pagi. Apabila lagi bosan menunggu seseorang untuk membicarakan hal penting di cafe, Anda bisa memesan satu gelas jus jeruk untuk melepas dahaga, dengan begitu tanpa disadari berat Anda berpotensi mengalami penurunan.

3. Oatmeal

Sereal ini sangat cocok dijadikan sarapan, mempunyai banyak manfaat dan dapat membuat perut tahan kenyang lebih lama. Meskipun begitu, para pakar Diet Paleo tidak setuju bila oatmeal dimasukkan ke dalam menu makanan untuk diet seimbang yang sehat, tetapi sebagian orang lainnya setuju karena gandum dapat membantu program diet dengan tingginya jumlah serat yang membuat perut terisi penuh sehingga mengurangi keinginan untuk makan lebih lama.

Anda bisa mengawali hari dengan sereal atau gandum, cara membuatnya pun mudah. Tetapi karena kebanyakan dari orang Asia jarang mengkonsumsinya, mungkin pertama kali mencobanya sangat aneh rasanya. Untuk itu Anda bisa memberi variasi atau tambahan bahan yang membuat rasanya lebih cocok di lidah, tetapi tidak mengganggu program diet Anda.

4. Beberapa Jenis Rempah

Rempah tidak melulu bumbu dapur, tapi kebanyakan memang digunakan untuk memberikan rasa pada makanan (sebagai penyedap rasa). Ada beberapa jenis rempah yang tergolong dalam menu makanan sehat untuk diet, misalnya biji mustard yang membantu memperlancar metabolisme tubuh, dan jahe yang melancarkan sistem pencernaan.

Gingseng bisa juga dikonsumsi untuk memberi energi tambahan, dan lada hitam yang dapat membakar kalori bila dibantu dengna olahraga. Rempah yang langsung berperang melawan lemak adalah lada. Jika Anda tidak suka lada, coba saja kunyit yang mempunyai peran sama.

5. Kentang

Kentang juga dapat membuat perut terisi dalam waktu cukup lama, tapi tidak terlalu cocok bila dijadikan menu sarapan. Anda bisa konsumsi kentang di sela-sela makan siang, atau beberapa menit menjelang makan siang. Kentag yang direbus atau dipanggang sebagian besar berguna untuk diet karena rendah kalori dan tinggi seart, kalium, vitamin C, juga vitamin B6.

Jangan Anda olah masak kentang dengan cara digoreng, karena dapat menyerap minyak yang berpotensi menjadi lemak jika masuk ke dalam tubuh. Makanan yang digoreng juga dapat merusak saluran tenggorokan Anda, jadi sebisa mungkin hindari makanan yang digoreng, terlebih saat berdiet.

6. Buah Apel

Kalau Anda penggemar manisan seperti permen atau gulali, lebih baik penuhi keinginan tersebut dengan mengganti permen dengan buah apel. Meskipun manis, buah ini tidak akan berpotensi dalam meningkatkan risiko terhadap diabetes atau kencing manis.

Karena buah apel termasuk sebagai makanan yang rendah kalori, lemak, sodium, dan juga serat pangan yang baik. Sudah pasti buah apel digolongkan ke dalam jenis buah untuk diet. Anda bisa mengkonsumsi apel sehabis makan, sangat cocok untuk mencuci mulut dan membersihkan sisa makanan yang menyelip pada sela-sela gigi.

7. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang memang selalu mendapat perhatian lebih dari pakar diet di dunia, entah jenis aliran apapun. Jika Anda seorang vegetarian, mungkin cukup sulit untuk menciptakan selera makan pada kacang. Tetapi ketahuilah bahwa kacang selalu berhasil menurunkan berat badan berlebih seseorang.

Anda bisa menjadikan kacang sebagai cemilan, tetapi tidak sembarang kacang. Pastikan kacang tersebut tidak digoreng, mungkin kacang kenari bisa menjadi pilihan Anda. 

8. Buncis

Sebetulnya buncis juga tergolong dalam kacang-kacangan, tetapi klasifikasinya adalah sayuran. Tidak penting apalah jenisnya, karena sama-sama berguna untuk memperbesar peluang sukses diet Anda. Buncis juga dikenal dengan kemampuannya untuk melancarkan sistem pencernaan dengan bantuan serat yang dikandungnya.

Gula darah juga mampu dikontrol dengan baik oleh buncis. Anda bisa coba konsumsi mereka dengan membuat sayur berkuah atau sekedar tumis sayur buncis dengan cabai merah merekah, pasti sangat nikmat bila disantap bersama keluarga tercinta.

9. Dada Ayam

Mengapa dada dan bukan paha atau bagian tubuh ayam lainnya?

Pertanyaan tersebut sering dilontarkan oleh para pelaku diet, terutama vegetarian yang hampir tidak suka dengan makanan berdaging. Perlu Anda ketahui bahwa resep keberhasilan para atlet dan binaragawan dalam menurunkan berat badannya adalah dari dada ayam yang dipanggang atau direbus.

Dada ayam adalah bagian yang paling banyak menyimpan protein dan paling sedikit menampung lemak, jadi sangat cocok untuk diet. Di Amerika, para penduduknya sudah kenal betul akan keistimewaan ini, jadi mereka selalu menyiapkan daging ayam dan mengambil bagian dadanya saja untuk dimakan.

Jangan lupa juga bahwa dagingnya saja yang membantu, sedangkan kulitnya tidak. Untuk itu, Anda bisa membuang kulitnya karena bagian tersebut mengandung lemak. Tetapi sebagian orang sangat suka rasa kulit ayam yang kenyal, jadi ini kembali pada Anda saja.

10. Buah Pisang

Anda bisa membaca artikel sebelumnya yang lebih spesifik membahas tentang manfaat buah pisang.

Buah pisang telah melewati berbagai proses penelitian yang mana telah terbukti mengasup kebutuhan nutrisi harian dan melengkapinya. Buah ini termasuk ke dalam superfood dietyang diakui dunia. Selain dimakan, buah pisang juga bisa dijadikan masker untuk mengangkat kotoran pada wajah dengan mencampur madu ke dalamnya.

11. Buah Pir

Banyak mengandung air, daging lunak, dan rasanya manis bisa menjadi kriteria dari buah yang satu ini. Pasti Anda bisa memberi gambaran tersendiri mengenai buah pir, kan?

Buah ini berkerabat dnegan apel, tetapi manfaat yang diberikan cukup berbeda, yang sama hanya pada tindakannya untuk mengontrol berat badan seseorang. Anda bisa makan buah ini ketika lapar, perut akan kenyang seketika dan tahan cukup lama.

Jumlah serat yang tertanam di dalamnya yang efektif dalam membantu diet Anda. Anda bisa membuat salad buah khusus diet dengan mencampurkan beberapa buah yang sudah terdaftar sebelumnya, termasuk buah pir. Tambahkan susu rendah lemak dan kalori, sudah banyak di pasaran.

12. Kacang Pinus

Pohon pinus memiliki kacang yang dapat menghambat nafsu makan Anda. Di dalam kacang pinus terdapat fitonutrien yang mampu melakukan kegiatan tersebut. Anda bisa mengurangi pengeluaran yang biasa digunakan untuk membeli pil diet.

Meski kecil, akan tergantikan dengan renyahnya ketika digigit. Dengan makan kacang pinus setidaknya satu genggam perhari, Anda akan jauh dari keinginan makan banyak seperti biasanya.

13. Jamur

Jamur kancing khususnya, mereka dapat Anda konsumsi bersamaan dengan makanan sehat lain yang dapat mempercepat program penurunan berat badan Anda. Untuk hasil yang terbaik, Anda harus memilih jamur kancing yang benar-benar berkualitas. Jamur jenis ini sangat tinggi vitamin namun renah kalori.

14. Kacang Lentil

Sedikit perkenalan karena kebanyakan dari Anda pasti belum tahu apa itu kacang lentil. Kacang lentil merupakan kacang tertua di dunia, berasal dari Mesir dan tidak bisa dimakan dalam keadaan mental. Kacang lentil berhasil masuk ke Indonesia dengan cara impor, karena kacang ini tidak atau mungkin sangat jarang dibudidayakan di Indonesia.

Kaitannya dengan diet, kacang lentil adalah sumber protein baik yang di dalam tubuh beraktivitas untuk memproses karbohidrat dan menjaga kolesterol tetap stabil. Serat dari kacang lentil merupakan satu-satunya sumber nutrisi yang dapat membantu menurunkan berat Anda. 

15. Brokoli

Sayur brokoli dimasukkan dalam daftar menu makanan untuk diet sehat semua orang karena sudah sejak lama dipercaya oleh para leluhur. Brokoli dapat melepaskan lemak jenuh apabila diolah dengan benar, Anda bisa membuat sup brokoli tanpa keju. Mengapa? Karena khasiatnya tidak akan didapat selagi berdampingan dengan lemak dari keju.

16. Daging Tanpa Lemak

Daging yang tanpa lemak bisa menjadi pilihan Anda untuk menu makan hari esok. Anda bisa memanggang daging sapi yang rendah lemak dengan mengoleskannya bumbu pedas atau kecap manis untuk menggugah selera makan. Meskipun rasanya enak, Anda tidak boleh makan daging rendah lemak sering-sering karena bisa menggagalkan upaya penurunan berat badan yang sedang Anda giati.

17. Buah Melon

Ada lagi tambahan buah untuk Anda jadikan salad buah khusus diet, yakni melon atau blewah juga bisa. Melon menjadi sumber serat yang meskipun jumlahnya tidak banyak, tapi perannya cukup membantu bagi Anda yang sedang berdiet. Di dalamnya juga terkandung antioksidan bernama katekin seperti yang terdapat di dalam teh hijau, fungsinya untuk melengkapi kinerja dari serat tadi.

18. Bayam

Sayur bayam sangat digemari anak-anak, apalagi jika dberi tambahan jagung dan beberapa potong wortel iris. Orang dewasa juga tidak sedikit yang mengandalkan makanan ini untuk menu sehat harian, karena rasanya memang sangat nikmat dan khasiatnya begitu banyak.

Salah satu diantaranya adalah mengecilkan perut. Anda bisa makan sayur bayam yang masih segar, baru dibuat dan sudah melewati proses masak dengan benar. Banyak sekali nutrisi beserta vitamin yang terkandung di dalam bayam, semuanya bisa melengkapi kebutuhan gizi harian Anda.

18. Teh Hijau

Teh yang terkenal di Jepang ini menjadi populer karena kemampuannya dalam berbagai hal, seperti mengikis lemak dengan bantuan antioksidan bernama katekin seperti yang terdapat di dalam buah melon. Kandungan tersebut akan bekerja membakar lemak dan kalori lebih banyak.

19. Kayu Manis

Setiap gulungan kayu manis bisa Anda sertakan dalam makanan yang hendak Anda konsumsi, kalau bisa jumlahnya ditambahkan beberapa sendok teh dari biasanya. Salah satu yang akan Anda peroleh adalah manfaat penurunan berat badan, sudah terbukti membantu banyak orang yang mempunyai permasalahan yang sama dengan Anda.

20. Asparagus

Tumbuhan ini mempunyai banyak sifat dalam tubuh, seperti detoksifikasi (mengeluarkan racun dan limbah buruk dari tubuh), dan menjaga jumlah bakteri baik yang tersimpan di dalam sistem pencernaan (usus). Tumbuhan batang ini juga memainkan peran tersendiri dalam mengontrol berat badan, sangat cocok sebagai makanan untuk diet yang menyehatkan.

21. Buah Alpukat

Anda bisa mengganti minuman bersoda dengan yang lebih menyehatkan, misalnya jus alpukat. Bagi Anda yang sedang berdiet, mungkin banyak godaan dari luar, misalnya ketika berkumpul di kantin bersama teman, banyak dari mereka yang makan makanan cepat saji. Sebaiknya jangan sampai Anda tergoda, karena makanan tersebut justru memperbesar peluang terhadap obesitas.

Anda bisa mengalihkan keinginan tersebut dengan jus alpukat atau bubur alpukat, rasanya sangat nikmat dan menyegarkan bila ditambah es. Alpukat juga termasuk ke dalam buah untuk diet. Meskipun buah ini mengandung lemak, golongan lemak yang terlampir berjenis tak jenuh atau lemak baik yang justru diperlukan oleh tubuh.

22. Selai Kacang

Ketika makan roti untuk sarapan pagi, jangan diisi dengan susu cokelat atau gula pasir dan mentega. Anda harus menggantinya dengan selai kacang, mengapa? Karena selai kacang dapat memuaskan keinginan makan dan mencegahnya datang kembali.

Di dalam Abs Diet, selai kacang sangat direkomendasikan sebagai makanan untuk diet. Karena jika sudah diserap tubuh, dirinya akan membantu menghilangkan lemak yang menumpuk pada beberapa titik. Jika Anda punya uang lebih, bisa juga mengganti selai kacang dengan mentega almond, rasanya lebih nikmat dan khasiatnya juga lebih banyak.

23. Ikan Salmon

Tanpa disadari hampir semua cara untuk mengatasi masalah kesehatan pasti ada kaitannya dengan ikan salmon, memang ikan yang ajaib. Sudah pasti karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang di sini juga berguna untuk diet. Lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang tidak perlu Anda khawatirkan. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan untuk tidak digoreng karena dapat memudarkan khasiat yang semestinya diberikan.

24. Cuka Apel

Sari buah apel atau cuka apel baik untuk sistem pencernaan dan meningkatkan berat badan secara bertahap. Meski demikian, bukan berarti Anda yang kelebihan lemak akan semakin gendut, karena pada dasarnya cuka apel berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Dengan begitu, otomatis setiap makanan yang berpotensi meninggalkan lemak akan tersingkirkan. 

Manfaat lain yang akan Anda peroleh adalah nafsu makan menjadi terkontrol. Pada waktu-waktu di mana Anda biasanya makan, cuka apel akan membantu tubuh memberikan respon rasa lapar sehingga Anda tidak akan telat makan, karena ada beberapa orang yang mudah sakit hanya karena telat makan.

25. Minyak Zaitun

Jika ingin menggoreng makanan, ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Hasil makanan yang tercelup dalam minyak zaitun tidak akan memberikan dampak negatif pada Anda yang diet, karena minyak zaitun tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak Anda konsumsi.

26. Buah Bluberi

Bluberi juga disebut-sebut sebagai buah atau makanan untuk diet yang secara umum dikonsumsi sebagai pencuci mulut. Dengan konsumsi buah bluberi, Anda akan kehilangan lemak yang sebelumnya menjadikan tubuh Anda tampak seperti ibu yang sedang mengandung.

Disamping itu, bluberi juga mampu melaksanakan pekerjaan lain seperti memecahkan glukosa darah berlebih, sehingga penyakit yang bisa timbul akibat kadar gula berlebih akan terminimalisir risikonya. Pastikan bahwa bluberi yang ingin Anda makan masih segar.

28. Sayuran Segar

Sayuran hijau hampir seluruhnya baik untuk kesehatan, salah satunya mengontrol berat badan. Di sini, Anda harus menekankan pemilihan sayur yang benar-benar segar, bebas dari pestisida, herbisida, dan bahan kimia lain yang secara geneik akan merusak keseimbangan kebaikan yang melekat pada sayuran-sayuran tersebut.

Menjaga mereka dalam keadaan alami atau organik sangatlah penting. Sebab jika tidak, kandungan seperti antioksidan yang berada di dalamnya akan berkurang efektifitasnya dalam menurunkan berat badan. Jelas makanan jenis ini sangat cocok bagi Anda yang vegetarian.

Semua daftar menu makanan untuk diet yang sehat bisa Anda seleksi satu demi satu dengan pertimbangan yang matang. Jika ada kesulitan, misalnya seperti antara makanan yang satu dengan yang lain mempunyai kandungan serat yang sama, bagiamana cara memilih yang terbaik? Untuk urusan tersebut tentu Anda butuh bantuan ahli diet atau teman sudah berhasil mengurangi puluhan kilogram  berat badannya dalam waktu singkat.

No comments:

Post a Comment

Komen