Saturday, March 22, 2014

Cara Melatih Otak Kanan

Cara melatih otak kanan sebenarnya sangat mudah, melatih otak kanan dengan cara simpel sehari hari dapat kita lakukan dengan mudah. Tanpa disadari otak kita bekerja dengan mendominasi salah satu bagiannya saja yaitu otak kiri dalam kehidupan sehari-hari, untuk itu kita perlu cara melatih otak kanan agar kedua bagian otak ini berjalan dengan seimbang. Kecenderungan seseorang pada salah satu sisi otak saja akan membuatnya hanya baik dalam salah satu sisi saja, seperti halnya seseorang dengan kemampuan menganalisis tapi akan kesulitan untuk membuat gambar animasi yang paling sederhana sekalipun, begitu pula sebaliknya.

5 Cara Melatih Otak Kanan Agar Berfungsi Lebih Baik

Belahan otak kiri manusia, bekerka mengatur fungsi logis dan belahan otak kanan pada fungsi kreatif dan emosional. Semua orang menggunakan kedua sisi otak, tetapi banyak orang cenderung menggunakan salah satu sisinya lebih sering daripada sisi yang lain, di luar kebiasaan. Bahkan jika otak kiri dominan, kita dapat melatih fungsi otak kananuntuk mulai menggunakannya lebih maksimal. Cara melatih otak kanan ini akan membuat pembuatan keputusan yang lebih intuitif dan meningkatkan imajinasi. Berikut ini beberapa caranya sebagai berikut :
  1. Bercerita dan berbicara dengan orang-orang – Hali ini mungkin terlihat mudah, tetapi jika sisi kanan otak bekerja, akan tercipta emosi empati. Seperti Daniel Pink, penulis “A Whole New Mind,” menjelaskan dalam sebuah wawancara dengan Oprah Winfrey, manusia tidak berhubungan satu sama lain dengan menggunakan grafik dan diagram, mereka terlibat dalam percakapan dan berhubungan satu sama lain. Menulis cerita dengan dampak emosional juga melatih sisi kanan otak.
  2. Mendengarkan musik – Otak kanan akan mendapatkan latihan yang sehat dengan pengolahan melodi dan ritme. Musik menghubungkan emosional dan daya kreatif dengan membayangkan gambar atau cerita yang berhubungan dengan musik.
  3. Menulis dengan tangan kiri - Menurut penelitian, populasi kreatif terdapat lebih orang kidal di dalamnya, karena menulis dengan tangan kiri membuat otak kanan bekerja. Menulis pertanyaan dengan tangan kanan dan menjawab dengan kiri, tanpa khawatir tentang apa bentuk kualitas tulisan tangan.
  4. Melakukan kesenian – Jangan biarkan fungsi otak kiri logis untuk menggambar sempurna. Sebaliknya, mengatur kreativitas untuk menggambar yang menyenangkan, bahkan jika mereka tidak masuk akal. Atau  jika memiliki website atau blog, bermain-main dengan desain, hanya untuk bersenang-senang.
  5. Berjalan dengan cara yang tidak biasa di sekitar rumah - Misalnya, berjalan mundur sambil mengayunkan lengan masing-masing dengan kaki terdekatnya, bukan bergantian. Cobalah dengan mata tertutup, kemudian berjalan mundur. Cara melatih otak kanan, bisa dengan melakukan apa pun yang terasa aneh dan menantang.

Manfaat Melatih Otak Kanan Maupun Kiri

Ada banyak alasan praktis untuk melatih otak kanan ataupun kiri. Pemikir otak kanan dapat segera melihat bahwa fungsi otak kanan mereka menjadi lebih kuat, tetapi juga melihat perbaikan untuk fungsi otak kiri. Misalnya, orang yang dominan terhadap otak kanan mungkin mengalami kesulitan dengan angka dan logika yang merupakan fungsi dari otak kiri. Tetapi jika seluruh otak diperkuat, kemampuan otak kiri untuk berkomunikasi dengan otak kanan dan membantu memahami logika dan data sekuensial, kemungkinan akan meningkat, begitu juga dengan sebaliknya.
Kelemahan kognitif bisa jadi membuat terasa sangat frustasi, dan mereka umumnya tidak meningkatkan karena usia . Hal tersebut kemungkinan terjadi  bahwa banyak orang yang bergantung pada alasan pola otak kanan atau kiri. Dengan cara yang mungkin benar, cara melatih otak kanan akan membantu mereka untuk meningkatkan kemampuan pengolahan, dan jadi lebih kompeten di kedua jenis kecerdasan.

No comments:

Post a Comment

Komen